Twitter

Proses Motor 4T dan 2T Pengertian pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan

Author Unknown - -
Home » Proses Motor 4T dan 2T Pengertian pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan



Proses Motor 4Tdan 2T
Pengertian pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan
Pengisian : Pemasukan gas baru ke dalam silinder, melalui katup hisap
Kompresi : Pemampatan gas baru dengan memperkecil ruang, sehingga tekanan & temperatur naik, katup hisap & katup buang menutup
Usaha : Tekanan hasil pembakaran mendorong torak turun, katup hisap & katup buang menutup
Pembuangan : Pengeluaran gas bekas dari dalam silinder, melalui katup buang


Nama bagian mekanisme engkol dan katup motor 4T
Keterangan
1. Pena torak                                                                        7.  Poros kam
2. Roda gigi poros kam                                           8.  Tuas Katup
3. Roda gigi poros engkol                                      9.  Batang penggerak
4. Panci oli                                                                10. Poros engkol
5. Busi                                                                        11. Batang penekan katup
6. Katup isap                                                             12. Karburator


Beberapa pengertian



 
 
Keterangan :
TMA    = Titik Mati Atas ( Batas teratas langkah torak )
TMB    = Titik Mati Bawah ( Batas terbawah langkah torak )
L          = Panjang langkah torak dari TMB ke TMA
r           = Radius / Jari-jari engkol


Panjang langkah torak = 2 kali radius engkol
L  = 2 x r


Proses motor 4T



I.Langakah isap
Torak bergerak dari TMA ke TMB, gas baru masuk silinder

Temperatur » 20°C
Vakum 0,1 ÷ 0,6 bar=60 kpa(Dibawah 0)
Apakah CC cylinder yang sama tetapi langkah cylinder beda kevakuman akan berbeda saat idle?(contoh 2 motor 1000 cc langkah panjang dan langkah pendek)
Jawaban : Tetap sama
(Tekanan udra luar 1 bar)(Posisi idle)
Analogi : udara dimasukan dalam tabung yang bentuknya berbeda  (vol sama )sejumlah sama dan diambil dengan jumlah yang sama maka tekanannya sama 0 bar
Apakah Kevakuman ditentukan besarnya silinnder(contoh 500cc dengan 1000cc Kevakuman pada posisi idle sama atau tidak? Jawaban : Tetap sama
Analogi :
(Tekanan udra luar 1 bar)(posisi idle)
Silinder 500cc diisi 500 cc udara
Silinder 1000cc diisi 1000cc udara
Kemudian
Silinder 500cc diambil 500 cc udara
Silinder 1000cc diambil 1000cc udara
(pengisapan udara oleh torak)


·         Katup Isap terbuka
·         Katup Buang tertutup






II. Langkah kompresi
Torak bergerak dari TMB ke TMA, gas baru dikompresikan dalam ruang
kompresi
Tekanan akhir kompresi =
Otto   = 1 ÷ 1,5 Mpa ( 10 ÷ 15 bar )
Diesel = 1,5 ÷ 4 Mpa ( 15 – 40 bar )
Temperatur akhir kompresi
Otto   = 300 ÷ 6000C
Diesel = 700 ÷ 9000C
·      Katup hisap tertutup
·      Katup buang tertutup




III. Langkah usaha / kerja

Torak bergerak dari TMA ke TMB, terdorong tekanan gas hasil pembakaran.
Temperatur max pembakaran :
            Otto    = 2000 ÷ 25000C
            Diesel = 2000 ÷ 25000C
Tekanan  max pembakaran :
            Otto     = 3 ÷ 6 Mpa ( 30 ÷ 60 bar )
Diesel = 4 ÷ 12 Mpa (40 ÷ 120 bar )
·         Katup isap tertutup
·         Katup buang tertutup



IV.Langkah buang

Torak bergerak dari TMBke TMA, gas buang keluar dari silinder
Temperatur gas buang ( beban penuh ) :
Otto       = 600 ÷ 10000C
Diesel   = 500 ÷ 6000C
·         Katup isap tertutup
·         Katup buang terbuka








Nama bagian-bagian motor 2T




 
 

1. Kepala silinder                                                                 7.  Bantalan batang torak
2. Saluran isap                                                                     8.  Saluran buang
3. Sirip pendingin                                                                9.  Ruang engkol
4. Torak                                                                                  10. Saluran bilas
5. Batang torak                                                                     11. Busi
6. Poros engkol





Proses motor 2T

Langkah torak
Kejadian di atas torak
Kejadian di bawah torak
Torak bergerak dari TMB ke TMA ( I )
·         Akhir pembilasan diikuti pemampatan bahan bakar + udara
·         Setelah dekat TMA pembakaran dimulai.
·         Campuran bahan bakar dan udara baru masuk keruang engkol melalui saluran masuk
Torak bergerak dari TMA ke TMB ( II )
·         Akibat pembakaran, tekanan mendorong torak ke TMB.
·         Saluran buang terbuka, gas bekas terbuang dan didorong gas baru (pembilasan)
·         Campuran bahan bakar dan udara di ruang engkol tertekan dan akan naik keruang atas torak lewat saluran bilas

Jadi : Motor 2 Tak adalah motor yang memerluhkan 2 kali langkah
torak ( 1 putaran poros engkol ) untuk menghasilkan
1 kali usaha.