Proses Motor 4Tdan 2T
Pengertian
pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan
Pengisian : Pemasukan gas baru ke dalam silinder, melalui katup hisap
|
Kompresi : Pemampatan gas baru dengan memperkecil ruang, sehingga tekanan &
temperatur naik, katup hisap & katup buang menutup
|
Usaha : Tekanan hasil
pembakaran mendorong torak turun, katup hisap & katup buang menutup
|
Pembuangan : Pengeluaran gas bekas dari dalam silinder, melalui katup buang
|
Nama bagian mekanisme engkol dan katup
motor 4T
Keterangan
1. Pena
torak
7. Poros kam
2. Roda
gigi poros kam
8. Tuas Katup
3. Roda
gigi poros engkol
9. Batang penggerak
4.
Panci oli 10.
Poros engkol
5. Busi 11.
Batang penekan katup
6. Katup
isap 12.
Karburator
Beberapa pengertian
Keterangan :
TMA =
Titik Mati Atas ( Batas teratas langkah
torak )
TMB = Titik
Mati Bawah ( Batas terbawah langkah torak )
L = Panjang
langkah torak dari TMB ke TMA
r = Radius
/ Jari-jari engkol
Panjang langkah torak = 2 kali radius
engkol
L = 2 x r
Proses motor 4T
|
I.Langakah isap
Torak bergerak dari TMA ke TMB,
gas baru masuk silinder
Temperatur » 20°C
Vakum 0,1 ÷ 0,6 bar=60 kpa(Dibawah 0)
Apakah CC cylinder yang
sama tetapi langkah cylinder beda kevakuman akan berbeda saat idle?(contoh 2
motor 1000 cc langkah panjang dan langkah pendek)
Jawaban : Tetap sama
(Tekanan udra luar 1
bar)(Posisi idle)
Analogi : udara
dimasukan dalam tabung yang bentuknya berbeda
(vol sama )sejumlah sama dan diambil dengan jumlah yang sama maka
tekanannya sama 0 bar
Apakah Kevakuman
ditentukan besarnya silinnder(contoh 500cc dengan 1000cc Kevakuman pada
posisi idle sama atau tidak? Jawaban : Tetap sama
Analogi :
(Tekanan udra luar 1
bar)(posisi idle)
Silinder 500cc diisi 500
cc udara
Silinder 1000cc diisi
1000cc udara
Kemudian
Silinder 500cc diambil
500 cc udara
Silinder 1000cc diambil
1000cc udara
(pengisapan udara oleh
torak)
·
Katup
Isap terbuka
·
Katup
Buang tertutup
|
|
II. Langkah kompresi
Torak
bergerak dari TMB ke TMA, gas baru dikompresikan dalam ruang
kompresi
Tekanan
akhir kompresi =
Otto
= 1 ÷ 1,5 Mpa ( 10 ÷ 15 bar )
Diesel = 1,5 ÷ 4 Mpa ( 15 – 40 bar )
Temperatur
akhir kompresi
Otto
= 300 ÷ 6000C
Diesel = 700 ÷ 9000C
·
Katup
hisap tertutup
·
Katup
buang tertutup
|
III. Langkah usaha / kerja
Torak bergerak dari TMA ke TMB,
terdorong tekanan gas hasil pembakaran.
Temperatur max pembakaran :
Otto = 2000 ÷ 25000C
Diesel
= 2000 ÷ 25000C
Tekanan max pembakaran :
Otto = 3 ÷
6 Mpa ( 30 ÷ 60 bar )
Diesel = 4 ÷ 12 Mpa (40 ÷ 120 bar )
·
Katup
isap tertutup
·
Katup
buang tertutup
|
|
|
IV.Langkah buang
Torak
bergerak dari TMBke TMA, gas buang keluar dari silinder
Temperatur gas buang ( beban penuh ) :
Otto = 600 ÷ 10000C
Diesel = 500 ÷ 6000C
·
Katup
isap tertutup
·
Katup
buang terbuka
|
Nama bagian-bagian motor 2T
1. Kepala silinder
7. Bantalan batang torak
2. Saluran isap
8. Saluran buang
3. Sirip pendingin
9. Ruang engkol
4. Torak 10.
Saluran bilas
5. Batang torak 11.
Busi
6. Poros engkol
Proses motor 2T
Langkah torak
|
Kejadian di atas torak
|
Kejadian di bawah torak
|
Torak bergerak
dari TMB ke TMA ( I )
|
·
Akhir pembilasan diikuti pemampatan bahan bakar + udara
·
Setelah dekat TMA pembakaran dimulai.
|
·
Campuran bahan bakar dan udara baru masuk keruang
engkol melalui saluran masuk
|
Torak bergerak
dari TMA ke TMB ( II )
|
·
Akibat pembakaran, tekanan mendorong
torak ke TMB.
·
Saluran buang terbuka, gas bekas
terbuang dan didorong gas baru (pembilasan)
|
·
Campuran bahan bakar dan udara di ruang
engkol tertekan dan akan naik keruang atas torak lewat saluran bilas
|
Jadi : Motor 2 Tak
adalah motor yang memerluhkan 2 kali langkah
torak (
1 putaran poros engkol ) untuk menghasilkan
1 kali usaha.