Twitter

Penggolongan Motor Torak

Author Unknown - -
Home » Penggolongan Motor Torak



Penggolongan Motor Torak
Langkah kerja
Motor 2 T





Pengisian silinder dilanjutkan                                              Pembakaran dilanjutkan
dengan kompresi                                                                    pembuangan dan pembilasan
Motor 2 Tak adalah motor yang memerlukan 2 kali langkah torak ( satu putaran poros engkol) untuk menghasilkan satu kali usaha/kerja.

Motor 4T
Langkah isap
Langkah kompresi
Torak bergerak turun dari TMA ke TMB
Torak bergerak naik dari TMB ke TMA
Langkah kerja
Langkah buang
Torak bergerak turun dari TMA ke TMB
Torak bergerak naik dari TMB ke TMA

Motor 4 Tak adalah motor yang membutuhkan 4 kali langkah torak ( 2 kali putaran poros engkol ) untuk menghasilkan satu kali usaha.

Bahan bakar
Jenis bahan bakar
Bahan bakar cair
Bahan bakar gas
Contoh
Bensin
Solar
Minyak tanah
Contoh
Methan
Prophan ( LPG )
Gas tanah ( LNG )





Tempat pencampuran bahan bakar dengan uadara



 
Bahan bakar dicampur dengan udara diluar silinder mesin           

Bahan bakar dicampur dengan udara didalam silinder mesin.



Penyalaan

Dengan pengapian                                                             Penyalaan diri
( Bunga api pada busi )                                                      ( akibat temperatur yang tinggi )




 

1.    Bensin dan udara dicampur pada karburator/saluran masuk
2.    Campuran dimasukkan kedalam silinder
3.    Bunga api dipercikkan pada busi pada busi dan akan membakar campuran
1.    Hanya udara yang dihisap oleh  mesin
2.    Udara dikompresikan dengan  tekanan tinggi sehingga temperatur juga tinggi
3.    Bahan bakar disemprotkan ke silinder dengan halus lalu menguap.
4.    Bahan bakar terbakar dengan sendirinya

Susunan silinder



 
Silinder tersusun sebaris



 

 

Bentuk : V

 
Bentuk : BOXER

Pelumasan motor

Pelumasan ( tekan)



Oli dari panci dialirkan oleh pompa oli ke semua bagian yang perlu pelumasan. Sebagian oli disemprotkan/dipercikkan ke silinder. Selanjutnya oli akan kembali ke panci oli (Karter)

Pelumasan campur

 


Sifat-sifat yang menonjol

·        Oli dicampur ke bahan bakar sebelum masuk ke silinder mesin
·        Oli ikut terbakar di dalam silinder
·        Pelumasan selalu dengan oli baru

Pendinginan
 a ) Pendinginan air
 
Air dirongga – rongga mesin bertugas menyerap panas
1.    Air dirongga-rongga mesin berfungsi menyerap panas
2.    Pompa air mempercepat sirkulasi air pendingin
3.    Radiator memindahkan panas air ke udara luar

b) Pendinginan udara

 
Sirip – sirip pendingin untuk memperluas bidang permukaan panas