Pages - Menu

Minggu, 27 Oktober 2013

Bentuk –bentuk Motor

Bentuk –bentuk Motor
·            Contoh motor 1 silinder 1.000 cc Langkah torak (s) = diameter
Silinder (D) = 108 mm  
Putaran maks. = 4500 rpm

·            Contoh motor 4 silinder 1.000 cc Langkah torak (s) = diameter Silinder (D) = 68 mm                    Putaran maks. = 7147 Rpm

Alasan motor dibuat lebih dari satu silinder
·            Motor lebih tenang, karena gaya penggerak poros engkol lebih merata.
·            Getaran kecil, karena gaya-gaya torak saling menyeimbangkan.
·            Motor jumlah silinder yang banyak dengan langkah torak lebih pendek, kecepatan torak pada putaran tinggi masih dalam batas yang diijinkan, sesuai kekuatan bahan.

Putaran max motor langkah pendek > motor langkah panjang.

Macam-macam rangkaian silinder

            Sebaris

·       Konstruksi sederhana
·       Tak banyak getaran
·       Perawatan mudah
·       Bila jumlah silinder lebih dari 4 konstruksi terkesan panjang
·       Keseimbangan getaran jelek jika jumlah silinder kurang dari 4


            “V”

·       Konstruksi pendek untuk silinder banyak
·       Poros engkol sederhana ( dua batang torak pada satu pena )
·       Perlu 2 kolektor gas buang
·       Keseimbangan getaran lebih buruk dari motor sebaris


            Boxer (tidur)

·        Konstruksi pendek dan rendah
·        Keseimbangan getaran lebih baik dari lainnya
·        Perlu 2 kolektor gas buang
·        Saluran isap panjang jika hanya satu karburator


Urutan pengapian dan bentuk poros engkol

Motor
1 silinder
Motor boxer
2 silinder
Motor sebaris
2 silinder
Motor sebaris
4 silinder
Urutan Pengapian
1 – 3 – 4 – 2
1 – 2 – 4 – 3
Jarak pengapian :
Pe
Motor boxer
4 silinder
Urutan Pengapian
1 – 4 – 3 – 2
JP : Pe
Motor sebaris
5 silnder

Urutan Pengapian
1 – 2 – 4 – 5 – 3
JP : Pe
Motor sebaris
6 silinder

Urutan Pengapian
1 – 5 –3 – 6 – 2 – 4=BMW,Mercedes ,opel
JP : Pe
Motor V
-Audi:1-4-3-6-2-5
-CreyslerUSA: 1-2-3-4-5-6
-Ford: 1-4-2-5-3-6

Motor Sebaris
ChivroletUSA,BuickUSA,PontiacUSA,Ford USA :
1-2-3-4-5-6,1-6-5-4-3-2


Motor “V”
8 silinder













12 silinder
Urutan Pengapian
1-8-2-7-4-5-3-6
JP : Pe
Motor V
-BMW,Audi,Mercedes:
1-5-4-8-6-3-7-2

-CadilacUSA:
1-8-4-3-6-5-7-2
Motor Sebaris
ChivroletUSA,BuichUSA,PontiacUSA:
1-8-4-3-6-5-7-2








Motor V
BMW:
1-7-5-11-3-9-6-12-2-8-4-10
Motor Sebaris
Mercedes:
1-12-5-8-3-10-6-7-2-11-4-9



Di mana letak silinder pertama ( untuk menghubungkan lampu timing ) ?
Motor sebaris
Silinder 1 adalah silinder yang paling dekat dengan penggerak poros kam.
Motor bentuk V :
Biasanya silinder-silindernya diberi nomor pada sambungan masuk. Biasanya silinder 1 adalah juga silinder yang paling dekat dengan penggerak poros kam.
Motor “ Boxer “ :
Biasanya silinder-silindernya diberi nomor.

Diagram kotak


 
Motor
1 silinder
 
1
K
U
B
I

1
K
U
B
I
2
B
I
K
U

 
Motor boxer
2 silinder

1
K
U
B
I
2
B
I
K
U

 
Motor sebaris
2 silinder

1
K
U
B
I
2
U
B
I
K
3
I
K
U
B
4
B
I
K
U

 
Motor sebaris
4 silinder


FO : 1 – 3 – 4 – 2
JP = Pe
1
K
U
B
I
2
U
B
I
K
3
B
I
K
U
4
I
K
U
B

Motor boxer
4 silinder


FO : 1 –4 – 3 – 2
JP = Pe
1
K
U
B
I
2
I
K
U
B
I
3
K



K
4


K


5



K























 
Motor sebaris
5 silinder

FO : 1 – 2 – 4 – 5 – 3
JP = Pe
1
K



2



K

3


K


4
K



K
5

K



6


K















 
Motor sebaris
6 silinder

FO = 1-5-3-6-2-4
JP = Pe
1
K



2

K


3



K
4


K

5



K

6
K



K
7


K


8

K













Motor “V”
8 silinder

FO = 1-8-2-7-4-5-3-6
JP = Pe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar