Pages - Menu

Minggu, 27 Oktober 2013

motor diesel 4 tak dan 2 tak

A. MOTOR DIESEL 4 TAK

            Pada siklus kerja motor diesel 4 langkah, yaitu 4 langkah torak atau dua putaran engkol menghasilkan satu kali langkah usaha. Adapun setiap proses atau langkah dari motor diesel sebagai berikut :


  
Gambar  3.1. Cara Kerja Motor Diesel 4 Tak

1. Langkah I, Pengisian (lihat gambar 3.1 a)

          Dua beas derajat  engkol (d.e.) sebelum torak mencapai TMA, katup masuk terbuka dan katup buang  tertutup. Torak bergerak dari TMA menuju TMB, sehingga di dalam silinder terjadi pembesaran volume dan pengecilan tekanan, yang menyebabkan udara murni masuk ke dalam silinder (udara murni ini masuk setelah melalui saringan udara), pengisian berakhir sampai torak mencapai TMB.

2. Langkah II, Kompresi (lihat gambar 3.1 b)
          Katup masuk dan katup buang  tertutup, torak bergerak dari TMB menuju TMA, menyebabkan udara di dalam silinder volumenya mengecil dan tekanannya naik (30 — 35 kg/cm2). Begitu juga temperatur udara di dalam silinder tersebut, saat akhir kompresi, mencapai (500 — 1000)°C. Temperatur ini mampu  membakar bahan bakar.

3. Langkah III, Kerja (lihat gambar 3.1c)
           Katup masuk dan katup buang masih  tertutup, saat torak hampir mencapai TMA, pada akhir langkah ke II, ketika temperatur udara sudah mencapai 500 — 1000°C, bahan bakar disemprotkan ke dalam silinder dengan pengabut (injector) sehingga bahan bakar terbakar. Tekanan hasil pembakanan  sangat tinggi (300 — 500 kg/cm2) menyebabkan torak bergerak dari TMA menuju TMB dengan tenaga yang sangat kuat, penyemprotan  sebelum torak mencapai TMA sampai 54° engkol sebelum torak mencapai TMB.

4. Langhah IV, Pembuangan (lihat gambar 3.1 d)
          Setelah langkah kerja selesai, yaitu 520 engkol sebelum torak mencapai TMB, katup buang terbuka dan katup masuk  tertutup. Torak bergerak dari TMB menuju TMA, mendorong gas-gas bekas keluar melalui katup buang yang selanjutnya ke saluran buang (knalpot).

B. MOTOR DIESEL 2 TAK
  
        Pada motor diesel 2 langkah terdapat dua langkah torak yang menghasilkan satu kali langkah kerja, atau satu putaran engkol menghasilkan satu kali langkah kerja. Cara kerja motor 2 langkah terdiri atas :
► Motor diesel 2 langkah dengan ruang engkol sebagai pompa bilas.
► Motor diesel 2 langkah dengan pompa bilas tersendiri.
Motor diesel 2 langkah dengan pompa bilas tersendiri dan katup buang.
Cara kerjanya sebagai berikut :
1.  Lihat gambar 3.2 a
Torak bergerak menuju TMA, maka di atas torak terjadi kompresi udara murni yang menyebabkan tekanan dan temperatur naik (sangat tinggi). Sedangkan di bawah torak (di dalam ruang engkol) terjadi pembesaran volume dan pengecilan tekanan, sehingga udara masuk ke ruang engkol atau karter, selama kompresi, terjadi pemasukan udara ke dalam ruang engkol.
2. Lihat gambar 3.2 b
    Di atas torak :
    Pada saat torak hampir mencapai TMA, pengabut menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder, hingga terjadi pembakaran bahan bakar di dalam silinder tersebut. Tekanan pembakaran ini sangat tinggi, hingga mendorong torak dari titik mati atas ke titik mati bawah.
    Di bawah torak :
    Bersamaan dengan kerja dari motor tersebut, di bawah torak terjadi penekanan udara  di dalam bak engkol.
3. Lihat gambar 3.2 c
Menjelang torak sampai ke TMB, penyemprotan bahan bakar berhenti kemudian diikuti dengan membukanya saluran buang dan gas bekas keluar melalui saluran buang.
4.  Lihat gambar 3.2 d        
Setelah sampai di TMB, saluran bilas membuka, udara masuk dan saluran bilas ini menuju silinder dan mendorong sisa-sisa gas bekas ke luar, dan torak melakukan proses (siklus) berikutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar