Busi merupakan bagian (komponen) sistem pengapian yang bisa habis, dirancang untuk melakukan tugas dalam waktu tertentu dan harus diganti dengan yang baru jika busi sudah aus atau terkikis.
1. Konstruksi busi
Bagian paling atas dari busi adalah terminal yang menghubungkan kabel tegangan tinggi. Terminal ini berhubungan dengan elektroda tengah yang biasanya terbuat dari campuran nikel agar tahan terhadap panas dan elemen perusak dalam bahan bakar, dan sering mempunyai inti tembaga untuk membantu membuang panas. Pada beberapa busi elektroda terbuat dari campuran perak, platina, paladium atau emas. Busi-busi ini dirancang untuk memberikan ketahanan terhadap erosi yang lebih besar serta bisa tetap bagus.
konstruksi busi
Elektroda tengah melewati isolator (penyekat) keramik yang terdapat pada
bagian luarnya. Isolator ini berfungsi untuk melindungi elektroda
tengah dari kebocoran listrik dan melindungi dari panas mesin. Untuk
mencegah kebocoran gas terdapat seal (perapat) antara elektroda tengah
dengan isolator dan antara isolator dengan bodi busi. Bodi busi dibuat
dari baja dan biasanya diberi pelat nikel untuk mencegah korosi. Bagian
atas luar bodi berbentuk hexagon (sudut segi enam) yang berfungsi untuk
mengeraskan (memasang) dan mengendorkan (membuka) busi. Pada bagian
bawahnya dibuat ulir agar busi bisa disekrupkan (dipasang) ke kepala
silinder. Pada bagian ujung bawah busi terdapat elektroda sisi atau
elektroda negatif. Elektroda ini
dilas ke bodi busi untuk jalur ke masa saat terjadi percikan. Terdapat dua tipe dudukan (seat) busi yaitu berbentuk datar dan kerucut. Dudukan busi merupakan bagian dari bodi busi pada bagian atas ulir yang akan bertemu/berpasangan dengan kepala silinder. Jika dudukan businya berbentuk datar, maka terdapat cincin perapat (sealing washer), sebaliknya jika dudukannya berbentuk kerucut maka tidak memerlukan cincin perapat.
dilas ke bodi busi untuk jalur ke masa saat terjadi percikan. Terdapat dua tipe dudukan (seat) busi yaitu berbentuk datar dan kerucut. Dudukan busi merupakan bagian dari bodi busi pada bagian atas ulir yang akan bertemu/berpasangan dengan kepala silinder. Jika dudukan businya berbentuk datar, maka terdapat cincin perapat (sealing washer), sebaliknya jika dudukannya berbentuk kerucut maka tidak memerlukan cincin perapat.
Casinos Near Me - The JTM Hub
BalasHapusThe JTM Hub has 평택 출장마사지 10 top slot 포천 출장안마 machines, which 청주 출장샵 includes the Megaways, Triple Moolah, and 김해 출장샵 Lucky Lady slot, both 하남 출장마사지 available on JVMs.