Pages - Menu

Senin, 30 September 2013

Rangka mobil

Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi sebagai pondasi yang mengangga semua komponen komponen kendaraan seperti mesin, drive train/pemindah tenaga, sistem suspensi, sistem kemudi dan kelistrikan serta bodi.
Secara umum rangka terbagi menjadi 2 jenia
- rangka rigid terpisah
- rangka integral

Rangka rigid

Profil yang digunakan terbuat dari baja dengan bentuk seprti ini


                                 U          kotak             bulat           bulat telur      double U

sifat sifat rangka rigid secara umum

- kontruksi sederhana
- kuat menahan beban berat
- dapat dipakai universal
- kuat menahan beban lengkung dan puntir
- kurang nyaman

penggunaan rangka rigid

- untuk mobil niaga/ angkutan
- untuk mobil penumpang

Jenis  rangka rigid

rangka model H / tangga




Umumnya dengan dua batang memenjang dan beberapa batang yang melintang. Penyambungan dengan cara di las, di keling atau di baut. Pembuatan komponen nya mudah untuk dipasang dan dilepaskan.
Kuat untuk menahan beban berat, beban lengkung dan puntir.
Penggunaan biasanya pada mobl beban misalnya truck, bus dan mobil penumpang

Rangka integral

Pada bodi integral  semua bagian dari karoseri seperti pintu , atap. lantai, fender berfungsi sebagai rangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar