Motor penggerak mula
Contoh-contoh :
Motor
penggerak mula
|
Jenis
tenaga primer
|
·
Turbin
air
·
Mesin
uap
·
Motor
bakar
·
Kincir
angin
|
·
aliran
air
·
aliran
uap akibat pembakaran
·
Kimia
bahan bakar
·
aliran
angin
|
Prinsip pengubahan tenaga pada motor
penggerak mula
·
Tenaga
Primer tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.
·
Jumlah
tenaga primer yang dimasukkan pada suatu motor selalu sama besar dengan jumlah
tenaga yang dihasilkan ( out - put )
·
Tenaga primer yang tidak akan pernah dapat diubah 100%
menjadi tenaga mekanis. Sebagaian tenaga primer akan dikeluarkan dalam bentuk
lain seperti panas. Gas buang, pendinginan, gesekan & Radiasi bagian tenaga
yang tidak dapat diubah menjadi tenaga mekanis dinilai sebagai kerugian pada
proses pengubahan tenaga.
Contoh : Pada Motor Bensin, Tenaga Primer 100% C. panas/kalori
hasil pembakaran hanya akan menghasilkan rendemen/effisiensi sebesar kurang
lebih 30%. Sedang yang lain hilang. Karena
terbawa gas buang 30%, diserap oleh sistem pendingin 30%, akibat gesekan dan
radiasi 10%.
Prinsip pengubahan tenaga pada motor bakar
Prinsip pengubahan tenaga pada motor bakar
Motor bakar adalah pesawat pengerak mula yang mengubah tenaga
kimia bahan bakar menjadi tenaga
panas ( kalor ) dengan jalan pembakaran, panas tersebut selanjutnya di rubah
menjadi tenaga mekanik
Proses
pengubahan tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanik pada motor bakar
Mekanisme
Engkol : berfungsi merubah gerak translasi torak ( gerak bolak-balik
torak) menjadi gerak putar pada
poros engkol.
Macam-macam motor bakar pembakaran dalam
1. Motor torak
Sifat – sifat yang menonjol
·
Gerak Translasi / gerak bolak-balik torak dirubah menjadi
gerak putar poros engkol.
·
Untuk mengurangi getaran, jumlah silinder dapat dibuat
lebih dari Satu.
·
Digunakan pada motor 2 tak dan 4 tak baik motor Bensin
maupun Diesel
2.
Motor
Wankel
Sifat-sifat yang menonjol
·
Gerakan
torak berotasi ( berputar )
·
Pengisian, kompresi dan pembuangan diatur oleh torak
·
Lebih
ringan
·
Getaran
kecil
·
Jarang digunakan dan tidak diproduksi secara massal
Contoh : Mazda RX-7
Mercedes Benz
3. Turbin gas
Sifat – sifat yang menonjol
·
Semua bagian berputar, sehingga getaran kecil
·
Pembakaran
berlangsung secara terus menerus
Penggunaan : Pesawat terbang, penggerak generator
listrik
Macam – macam konstruksi motor torak
a.
Motor 2 Tak
(Bensin)
Sifat sifat yang menonjol
·
Pendinginan dengan udara, getaran sirip keras
·
Pelumasan
silinder dengan mencampurkan oli kebahan bakar
·
Pengisian,
pembilasan, kompresi dan pembuangan lewat saluran-saluran diatur oleh torak
·
Pembetukan campuran bahan bakar diluar silinder
·
Penyalaan dengan sistem pengapian atau penyalaan diri
b.
Motor 2 Tak
Diesel
Sifat –sifat yang menonjol
1.
Pendingin
dengan air pendingin
2.
Pembilasan
memanjang
3.
Memerlukan
katup buang
4.
Pengisapan dan pembilasan dijalankan oleh kompresor yang
langsung menekan udara ke dalam silinder
5.
Pelumasan
tekan
6.
penyalaan
dengan penyalaan diri
Penggunaan : Kapal
laut, Kereta api
c.
Motor Otto
( Bensin 4 Tak )
Sifat-sifat yang menonjol
·
Pendinginan
dengan air pendingin
·
Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau percik (
dengan sistem panci, sirkulasi tekan oleh pompa oli )
·
Pengisian,
kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup
·
Pembentukan campuran bahan bakar dan udara terjadi diluar
silinder
·
Pembakaran
dengan sistem pengapian
d. Motor Diesel ( 4Tak )
Sifat-sifat yang menonjol
·
Pendingian
dengan air pendingin
·
Pelumasan
silinder dengan semprotan oli atau percikan
·
Pengisian,
kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup
·
Pembentukan campuran bahan bakar dan udara didalam
silinder
·
Pembakaran
terjadi dengan sendirinya