Kwantitas bahan
bakar yang telah dikalkulasi tersebut secara langsung akan disemprotkan
ke intake valve mesin, dan hanya udara saja yang melewati intake
manifold, sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas.
MPI System
mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan sistem karburator, dan
sudah dipakai sejak tahun 1980, adapun keunggulannya adalah sebagai
berikut ;
1. Hitungan kwantitas bahan bakar sangat akurat baik dalam kondisi
stabil maupun tidak (akselerasi meningkat, proses pemanasan mesin lebih
baik, dst)
2. Selama proses penyaluran bahan bakar di intake
manifold, tidak ada sisa bahan bakar yang menempel di dinding bagian
dalam intake manifold.
3. Distribusi bahan bakar pada saat beban kosong akurat
4. Desain intake manifold bisa lebih fleksibel
5. Penggunaan kontrol loop lambda menjadi simpel dan efektif
6. Emsisi rendah
7. Lelbih mudah didiagnosa dan diperbaiki
Keunggulan-keunggulan diatas bisa meningkatkan beberapa variabel yang
ada pada mesin dan tentunya juga peningkatan output yang tinggi. Namun
apabila penyetelan untuk idling kurang baik, maka bisa berakibat menjadi
suatu kelemahan
kiri tipe MPI
kanan tipe SPI
wiring injector tipe MPI






